Friday 9 November 2012

RPP SMK Kelas XII Bahasa Inggris: Refleksi Mahasiswa PPL

Selamat sore,

Alhamdulillah, tidak terasa sudah masuk bulan ketiga saya menjalani Praktek Pengalaman Lapangan (PPL). Yah, kewajiban yang harus dipenuhi sebagai salah satu syarat agar bisa lulus kuliah keguruan.
Sebelumnya saya belum pernah punya pengalaman ngajar, informal pun tidak. Pernah pun, cuma yang namanya microteaching. Wehehehe ;p (Where's my art teaching?! x_x')

Dan benar, yang namanya PPL, ya cari pengalaman. Bener deh! Peng-alam-an. Nano-nano rasanya ngajar anak2 ABG. Saya 'lucky' mengajar anak-anak SMK. Sekolah ini lebih ke manajemen daripada teknik. Cuma ada 2 jurusan teknik disana, Teknik Komputer Jaringan dan Multimedia. Dan lagi, 'lucky' mengajar 6 kelas yang semuanya kelas XII.

PPL menuntut mahasiswa untuk bisa 'menyeimbangkan diri' yaitu, selain bisa mengajar sebagai guru yang profesional aka menguasai materi,  seorang guru PPL juga harus bisa 'menguasai kelas' alias bersahabat dengan para murid.

Yah, di kota-kota besar yang terdapat banyak universitas dan jurusan FKIP membuat para anak sekolahan (SMP, SMA /SMK, Madrasah) sudah terbiasa dengan kehadiran guru-guru muda alias mahasiswa PPL di sekolah mereka. And what's the effect? Ya, mereka gak harus bilang WOW gitu kalo mahasiswa yang ngajar -__-"

Pada kenyataannya, itu adalah tantangan mental, ketika anak-anak sekolah merasa sebagai tuan rumah atau penguasa di Sekolah. Akibatnya, apresiasi mereka terhadap orang yang juga masih belajar alias guru PPL cenderung kurang. Apalagi semakin tinggi kelasnya, semakinlah mereka ingin diakui dan dianggap lebih. Sebagian dari mereka sulit sekali diatur, dan lagi mereka akan semakin benci ketika diancam hukuman atau sejenisnya. Fiuuuh... That's the risk. That's the challenge.

But that's still human being. Untuk seumuran mereka itu wajar. Walaupun kadang, kita sebagai orang yang lebih dewasa menganggap itu sebagai sesuatu yang labil, kasarnya ya kurang ajar. But, back to our responsibiltiy as a teacher, we can't be a kids hater for along time, we have to listen what their comments, give them feed back, guide them, teach them step by step, being friend, and make a comfort situation in the class. Yeah, you know, it's to get some experiences yet. Flexibility is really important. But the rules, still cover on it.

Untuk mahasiswa-mahasiswa selanjutnya yang akan melaksanakan PPL, Good Luck aja. Pastinya bakal banyak cerita dari pengalaman mengajar di Sekolah. Beda murid, beda karakter, beda cara menyikapi :)
Dan untuk membantu mengurangi beban mental karena menghadapi situasi kelas XII, silahkan download contoh RPP Bahasa Inggris untuk kelas XII. Semoga bermanfaat :)


No comments:

Post a Comment